Multimedia adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiensi-nya.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan kata media (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu.
- Definisi Multimedia :
1. Rosch, 1996 : Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video.
2. McComick, 1996 : Multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar, dan teks.
3. Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah kombinasi paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
- Pentingnya dan Perkembangan Multimedia :
Kelebihan multimedia adalah menarik indra dan menarik minat karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. lembaga riset dan penelitian computer, yaitu computer technology research (CTR), menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang di dengar. Tetapi orang dapat mengingat 50% dari apa yang dilihat dan didengar dan 30% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. Maka multimedia menjadi sangatlah efektif. Multimedia menjadi tool yang ampuh untuk pengajaran dan pendidikan serta untuk meraih keunggulan perusahaan.
- Karakteristik Multimedia :
Sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran, pemilihan dan penggunaan multimedia pembelajaran harus memperhatikan karakteristik komponen lain, seperti: tujuan, materi, strategi dan juga evaluasi pembelajaran. Karakteristik multimedia pembelajaran adalah:
- Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
- Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
- Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memenuhi fungsi sebagai berikut:
- Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
- Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
- Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
- Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.
- Media dan Data Steam
Stream adalah proses untuk membaca data dari suatu sumber atau mengirimkan data ke suatu tujuan.
Dalam java stream dibagi menjadi dua kelas yaitu InputStream untuk membaca dan OutputStream untuk menulis.
- Bagaimana Stream di dalam jaringan? Pada jaringan trasmisi data dan pengiriman byte, pendekatan berbasis Stream digunakan untuk menyeerhanakan program. Stream tidak terbatas pada jaringan, stream dapat dibaca dan ditulis ke struktur data, file dan aplikasi lainnya. Namun ada cara untuk mengirim data melalui jaringan dan I/O strean menyediakan interface tersebut.
- Bagaimana Stream bekerja? Pada java, secara prinsip terdapat dua class pada stream yang diwariskan dari class super. Class yang terdapat pada Stream adalah java.io.InputStream dan java.io.OutputStream yang kedua class tersebut dalah abstrak. Beberapa stream juga diwariskan lansung dari InputStream atau OutputStream. Tetapi sebagian besar diwariskan dari Strean filter.
- Filter Stream digunakan untuk menambah fungsi Stream yang ada, dengan pengelolaan data dalam bentuk seperti buffering untuk kinerja atau method lain yang memungkinkan data yang diakses dengan cara yang berbeda, misalnya membaca baris teks. Filter Sream akan memudahkan programmer karena dapat menggunakan konstrutor seperti string, baris teks dan nomor dan bukan byte individual.
- Karir di Bidang Multimedia
Karir di bidang multimedia sangat luas antara lain di bidang pemasaran, animasi, perekaman CD/DVD, perencanaan kontruksi multimedia, desain isi multimedia, electronic publishing, electronic editor, desain fasilitas multimedia, front editing, game designer, desain grafik, desain intruksional, desain interface, desain kios, pelayanan online, desain presentasi, public relations, pemasaran real estate, scientific modeling, desain layar, penulis naskah dan storyboard, simulasi, sound track, special effects, pelatihan, travel system, video productions, virtual reality and webmaster, dll.


No comments:
Post a Comment